Bisnis Jasa Kebersihan Rumah atau Gedung



A.  Modal dasar :
    Modal yang paling dibutuhkan untuk usaha ini adalah sumber daya manusia yang dilatih untuk membersihkan dan merapikan perumahan atau gedung-gedung.
     Peralatan kebersihan seperti vacuum cleaner, pembersih kaca gedung, serta berbagai peralatan lain. Biayanya sangat relatif, untuk sekadar peralatan kebersihan rumah, biaya sekitar Rp 2 juta - Rp 5 jutaan. Sedang untuk pembersihan gedung, biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
     Untuk memperlihatkan bonafiditas usaha ini, akan lebih baik jika karyawan kebersihan yang dipekerjakan diberikan seragam kerja.
    Brosur layanan yang disediakan.
B.  Persiapan :
Inti usaha ini adalah melayani kebutuhan pembersihan yang sifatnya menyeluruh. Sedang dasar yang dibutuhkan dari usaha ini adalah kepercayaan. Karena itu, jika ingin mulai dengan jasa kebersihan rumah, tawarkan terlebih dulu pada rekan yang Anda kenal. Misalnya di akhir minggu, tawarkan jasa pembersihan seluruh rumah hingga merapikan kebun. Jika perlu, tawarkan jasa pengecatan ulang pada din-ding-dinding yang sudah mulai terlihat kusam. Sedang untuk jasa kebersihan gedung, tawarkan paket bulanan yang meliputi kebersihan lantai, WC, kaca gedung, perawatan dan pembersihan dinding, dll.
C.  Proyeksi pendapatan :
Usaha jenis ini jika untuk rumah bisa ditawarkan berdasarkan luas rumah.Makin besar,makin mahal pula jasa yang diberikan.Apalagi jika yang ditawarkan paket menyeluruh termasuk pengecatan ulang.Biaya yang ditetapkan untuk paket lengkap bisa mulai dari Rp 500 ribuan.Sedangkan untuk gedung biayanya di hitung bulanan.Makin luas dan makin besar gedung makin mahal pula layanan yang diberikan.Apalagi jika termasuk dengan pembersihan kaca di gedung bertingkat.Biayanya paling murah sebulan sekitar Rp 4 jutaan hingga puluhan juta untuk perawatan menyeluruh gedung bertingkat.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Search This Blog

Loading...

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...