Bisnis Usaha Pengantar Barang dan Makanan





A.   Modal dasar :
•    Kendaraan motor atau mobil dengan biaya bahan bakar yang diperhitungkan.
•  Jaringan usaha jasa antar barang lain yang bonafide, jika memang ingin mengembangkan jasa antar ini hingga ke luar daerah.
•     Database klien perusahaan yang dijadikan calon rekanan.
•    Jika usaha ini terus berkembang, ada baiknya Anda segera mengurus perijinan ke departemen terkait sehingga usaha Anda pun akan lebih bonafide.
•     Karyawan yang paling penting di usaha ini adalah kurir pengantar. Bisa dimulai dengan dua orang dan bertambah seiring dengan banyaknya orderan.
•    Katalog orderan makanan (untuk usaha jasa antar makanan) dan katalog harga antar barang.
B.  Persiapan :
Untuk jasa antar barang dan makanan ini yang penting adalah unsur kecepatan dan layanan yang prima. Khusus untuk layanan antar barang, seperti juga antaran dokumen, sebagai langkah awal ada baiknya Anda menawarkan jasa antar ini pada perusahaan yang Anda kenal dekat terlebih dahulu. Tawarkan jasa pengiriman dalam kota dengan kendaraan yang Anda miliki. Kalau sifataya jarak jauh, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan lain yang lebih besar dan bonafide untuk membantu Anda mengirimkan barang antaran tersebut. Sedang untuk antaran makanan, Anda dapat bekerja sama dengan restoran atau warung makan tertentu untuk menjadi jasa antar delivery order mereka. Dengan kerjasama ini, mereka tidak perlu mempunyai divisi delivery sehingga akan rnenekan biaya produksi. Sedang bagi Anda, ini dapat menjadi peluang di mana Anda bisa melayani aneka pesanan makanan untuk diantar kepada konsumen. Untuk kerjasama ini, Anda bisa membuat katalog pesanan berdasar restoran yang telah berhasil Anda ajak ker­jasama. Sebar katalog ini di lingkungan kantor, perumahan, atau tempat lain yang Anda anggap strategis. Kalau perlu, buka layanan antar 24 jam. Sebab, tak jarang para pekerja yang sering lembur kadang kesulitan mencari makanan di malam hari.
C.  Proyeksi pendapatan:
Untuk usaha jenis ini, Anda bisa menjual jasa pengantaran dalam kota dengan harga mulai Rp 10 ribu per barang, tergantung pada berat dan jenis risiko barang yang diantar. Untuk pengiriman ke luar kota bisa dilakukan negosiasi de­ngan pihak yang Anda ajak kerjasama.
Untuk jasa antar makanan, Anda bisa menerapkan harga sekitar 10%-20% dari harga makanan pesanan sebagai ongkos jasa kiriman tersebut. Anda bisa juga menjadi semacam katering kantoran dengan menawarkan paket menu makanan berbeda dap hari. Bisa dengan harga mulai Rp 10 ribu per menu, tergantung jenis makanan yang dipesan. Beri harga khusus bagi pelanggan tetap Anda.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...