Bisnis Usaha Jasa Jahit Pakaian


A. Modal dasar :
•     Kemampuan menjahit dan memahami mode yang sedang tren menjadi modal utama yang diperlukan untuk menggeluti bisnis dan usaha ini.
•     Peralatan jahit mulai dari inesin hingga jarum. Harganya bisa variatif mulai dari sekitar Rp 750 ribuan untuk yang manual hingga jutaan untuk yang sudah bermesin dan bahkan ada yang sudah menggunakan sistem komputer. Perhitungkan biaya listrik dan kebutuhan benang dan jarum untuk keperluan orderan sehari-hari.
•     Karyawan yang diperlukan di sini mutlak adalah yang bisa menjahit. Untuk awal, bisa dimulai dari Anda sendiri atau mengajak rekan lain dengan sistem bagi hasil.
B.   Persiapan :
Usaha menjahit adalah usaha untuk mengubah tekstil menjadi pakaian jadi yang bisa digunakan konsumen. Persiapan yang diperlukan di sini adalah kemampuan menterjemahkan keinginan konsumen untuk membuat pakaian yang sesuai seleranya. Makin bisa dan bagus Anda melayani kebu­tuhan konsumen Anda, makin dipercaya Anda untuk menjahitkan pakaian mereka. Dan, biasanya hal ini akan menjadi sarana promosi yang efektif untuk usaha Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya yang dikenakan untuk pakaian ini sangat variatif tergantung dari tingkat kesulitan bahan dan mode yang dijahit. Untuk pakaian dan celana yang sederhana, biayanya berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 125 ribu. Untuk pakaian kebaya kenakan harga minimal Rp 100 ribu, makin sulit makin mahal. Untuk baju batik kenakan biaya Rp 200 ribu atau lebih, sedang untuk jas atau safari biasanya penjahit mematok di atas Rp 400 ribu.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif   sedang,   namun   membutuhkan   kemampuan dasar tersendiri.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...