Bisnis Usaha Sewa Alat Pesta


A. Modal dasar :
•    Biasanya yang dibutuhkan di sebuah pesta atau hajatan diantaranya yaitu kursi, meja, tenda, sound system, serta dekorasi panggung. Peralatan seperti inilah yang wajib dimiliki jika ingin menggeluti usaha ini. Memang, biaya investasinya jika lengkap tergolong besar hingga Rp 200 jutaan. Namun, Anda yang punya dana terbatas tak perlu kecil hati, sebab, banyak pula pesta kelas kampung yang sederhana yang biasanya untuk memenuhi kebutuhannya tak semewah pesta di kota-kota besar. Untuk itu pa­ling tidak Anda harus punya tenda terpal, kursi seng, meja kayu, sound system sederhana yang bisa dibuat sendiri. Untuk yang kelas sederhana ini, barangkali dana yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 10 juta - 20 jutaan.
•    Untuk sewa alat pesta ini biasanya perlu operator yang cukup banyak. Karena itu jumlah karyawan yang Anda pekerjakan tak bakal cukup satu dua orang saja. Namun, untuk menyiasati agar biaya karyawan tak terlalu mahal, bisa diambil karyawan dengan sistem kontrak hanya pada saat ada order.
•    Jangan lupakan brosur dan kartu nama yang menyebutkan alat pesta apa saja yang bisa Anda tawarkan. Sebab, usaha seperti ini pengaruh informasi dari mulut ke mulut cukup berperan.
•    Kendaraan untuk pengangkut properti. Namun, jika dana Anda terbatas, saat awal bisa saja Anda menyewa kendaraan orang lain.
B.  Persiapan :
Yang paling penting dari bisnis dan usaha ini adalah Anda harus benar-benar mengetahui barang apa saja yang Anda miliki. Sebab, tak jarang barang yang kurang dikontrol saat pengembaliannya mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Usahakan juga untuk terus rutin merawat semua properti Anda. Sebab, makin bersih dan terawat barang yang Anda sewakan, pelanggan pun akan merasa nyaman. Biasanya, konsumen yang puas untuk sewa menyewa alat pesta ini jarang berpindah ke orang lain karena jika sudah merasa cocok sulit untuk berpaling.


C.  Proyeksi pendapatan :
Biasanya bisnis usaha sewa alat seperti ini dihitung biaya bijian tergantung properti apa yang dipinjam. Jika tenda, biayanya berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu per meter persegi tergantung jenis dan kemewahan tenda tersebut pun untuk properti seperti kursi, bisa ditawarkan per biji mulai Rp 500,-. Untuk sound system, biaya sewanya bisa mulai dari Rp 1 juta atau lebih tergantung pada kelengkapan dan kecanggihan sound yang disewa. Dengan banyaknya pesta mulai dari pernikahan, sunatan, 17 Agustusan, hingga aneka macam perayaan, usaha ini sudah pasti cukup prospektif untuk digarap.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, hanya saja usaha seperti ini membutuhkan perhatian dan ketelitian ekstra untuk mengontrol kondisi barang.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...