Bisnis Usaha Cafe atau Restoran


A. Modal dasar :
•     Faktor lokasi biasanya perlu diperhitungkan untuk mendatangkan konsumen dalam bisnis dan usaha ini.
•     Usaha ini biasanya banyak berhubungan dengan unsur kenyamanan dan suasana yang dibangun dalam ruangan, selain tentu tetap harus memperhatikan rasa masakan dan minuman yang disajikan. Untuk itu, perlu: dibangun ruangan yang cukup menarik dan memberi kenyamanan saat dikunjungi. Biaya dekorasi ruangan yang bagus bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun jika dana terbatas, cukup alokasikan untuk yang penting-penting saja.
•     Untuk peralatan dan perkakas pelengkap, biayanya pun variatif, bisa puluhan hingga ratusan juta. Termasuk jika Anda memasukkan unsur hiburan dalam cafe atau restoran Anda.
•     Berbagai kebutuhan sehari-hari seperti bahan masakan dan minuman juga harus diperhitungkan. Selain itu, jangan lupakan pula biaya listrik, air, dan telepon untuk operasional usaha Anda.
•     Perlu didatangkan koki yang punya keahlian tertentu sehingga  tempat Anda  punya  kekhasan  yang bisa ditawarkan. Selain itu, perlu juga beberapa karyawan yang sebaiknya ditraining sehingga bisa memberikan layanan yang terbaik bagi pengunjung. Mengingat biaya yang tergolong besar, sangat disarankan Anda mencari rekan kerja yang bisa diajak kerjasama dengan sistem bagi hasil. Untuk memulai usaha, Anda juga perlu melakukan sejumlah promosi baik melalui media atau penyebaran brosur dan penempelan poster atau spanduk di lokasi yang strategis. Perlu juga Anda buat event tertentu agar menarik pengunjung.
•     Jangan lupa juga urus ijin usaha ke dinas terkait.
B.  Persiapan :
     Setelah semua lengkap, Anda harus rajin berpromosi untuk mendatangkan pelanggan. Buat paket spesial misalnya paket hiburan akhir minggu dengan mendatangkan grup band atau hiburan lain. Usahakan juga makanan yang jadi ciri khas usaha ini Anda tonjolkan. Ini perlu untuk menjadi pengingat pelanggan tentang brand usaha Anda. Jika perlu, Anda juga bisa mengembangkan usaha layanan antar dalam kota untuk menu-menu tertentu.
Untuk menentukan harga, perhatikan lokasi yang Anda pakai. Kalau banyak mahasiswa, usahakan jangan terlalu mahal. Ingat prinsip untung sedikit per item tak mengapa, tapi pembelinya banyak juga pasti menguntungkan.
C. Proyeksi pendapatan:
    Hitung biaya harga jual berdasar kebutuhan operasional sehari-hari plus perhitungkan dengan perkiraan berapa yang harus terjual agar mencapai nilai break event point (BEP). Biasanya target dalam sehari usaha ini mencapai ratusan rit hingga jutaan per hari agar bisa survive dan cepat BEP.
D. Ide usaha minuman lain:
    Cafe olahraga, kedai kopi dan teh diet, restoran khusus makanan berkuah, restoran khusus makanan organis, dll.
E.   Tingkat kesulitan :
    Tergolong tinggi dengan investasi yang besar.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...