Bisnis Usaha Kolam Pemancingan


A.  Modal dasar :
•     Untuk menggeluti bisnis dan usaha ini dibutuhkan lahan yang cukup luas. Untuk itu Anda bisa mencoba bekerjasama dengan orang yang memiliki lahan kosong yang belum digarap. Dari sana lantas dibangun empang atau kolam ikan.
•     Isi kolam dengan ikan. Biasanya yang diisikan adalah ikan mas, bawal, gurameh, nila, patin atau lainnya. Untuk mendatangkan ikan ini Anda bisa mendatangi pembibitan ikan. Biayanya sangat variatif tergantung jenis dan besar rata-rata ikan tersebut. Perhitungkan juga biaya untuk pemeliharaan ikan seperti pembelian pelet sebagai makanan ikan. Ongkos ini biasanya berkisar 30% - 40% dari nilai jual ikan hasil pancingan.
•     Karyawan yang diperlukan di sini adalah seorang penjaga kolam dan penaksir berat ikan. Namun bisa juga ditambah tukang masak ikan jika Anda juga melayani pemasakan ikan langsung di tempat.
•     Untuk mendapatkan pemancing, Anda bisa menyebarkan brosur di perumahan atau perkampungan. Bisa juga Anda mengadakan lomba mancing setiap minggu atau sebulan sekali. Ini cukup efektif mendatangkan para pemancing.
B.   Persiapan :
Sebenarnya usaha ini tak terlalu sulit dikembangkan. Asal Anda cukup jeli, pasar penggemar mancing itu cukup terbuka. Untuk menarik pengunjung, sesekali adakan lomba man­cing. Sewakan juga alat pancing dan jual pakan ikan untuk memancing. Jika perlu, siapkan juga tukang masak untuk memasak ikan bagi pemancing yang ingin segera menikmati hasil tangkapannya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Usaha seperti ini biasanya mematok tarif Rp 25 ribu -Rp 40 ribu untuk pengunjung yang memancing seharian penuh, Rp 15 ribu buat yang setengah hari mancing. Harga ini bisa juga dipengaruhi jenis ikan yang ada di kolam pemancingan. Sedangkan untuk pemancing yang memilih kolam kiloan, dihitung berdasar jumlah kilogram ikan yang didapat, misalnya Rp 13 ribu untuk 1 kg ikan emas dan Rp 14 ribu untuk 1 kg ikan patin. Harga ikan ini pun sangat variatif tergantung daerah yang bersangkutan.
Kemudian, jika Anda membuka tempat sekaligus untuk memasak ikan, hasilnya bisa menjadi lebih berlipat
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...