Bisnis Usaha Jasa Video Editing


A.  Modal dasar :
•     Peralatan utama yang dibutuhkan untuk bisnis dan usaha jasa ini adalah komputer dengan spesifikasi yang memadai. Biayanya satu komputer bisa mencapai Rp 15 jutaan jika sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang editing. Selain itu, diperlukan sejumlah alat penunjang lain seperti handycam, video player, televisi serta perlengkapan lain yang nilainya sekitar Rp 5 juta hingga puluhan juta. Namun, jika masih pemula, carilah alternatif biaya paling murah yang bisa Anda dapat dulu.
•     Untuk bisnis dan usaha ini diperlukan karyawan yang memahami seluk beluk editing film, kemampuan memproses dalam komputer.
•     Jaringan yang dekat dengan pengguna jasa Anda seper­ti pengusaha katering dan pesta,production house, dll. Ini diperlukan untuk lebih memudahkan dalam penjualan jasa Anda.
B.  Persiapan :
Untuk jasa ini yang sangat diperlukan adalah ketelitian dan sense untuk mengambil gambar dan memotong film sesuai dengan yang diinginkan pemakai jasa Anda. Namun, bila perlu Anda pun bisa memberikan arahan untuk menda-patkan gambar terbaik bagi pelanggan Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Harga untuk jasa ini bervariasi. Ada yang mematok harga Rp 150 ribu untuk menjadikan 1 kaset VHS menjadi 2 keping VCD dan Rp 50 ribu - Rp 70 ribu untuk ongkos transfer dari media player (handycam dsb) ke I/CD. Ongkos itu akan naik jika medianya menggunakan Dl/D seperti kebanyakan yang diminta orang belakangan ini. Selain itu, jika peralatan Anda sudah lengkap, bisa juga tawarkan sistem paket dimana Anda sekaligus ikut terlibat dari proses awal saat saat pengambilan gambar. Untuk jasa ini biasanya ditawarkan pada saat pesta pernikahan. Biayanya bisa mencapai jutaan untuk satu buah film yang menarik dan bukan sekadar dokumentasi.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...