Bisnis Jualan Gorengan dan Aneka Makanan Lain


A. Modal dasar :
•     Kebutuhan dasar usaha ini adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti tepung, gula, garam, pisang, ketela, tempe, tahu, serta aneka bahan gorengan lainnya. Modal dasar bahan pembuatan ini tidak terlalu besar, seti-daknya sekitar Rp 100 ribuan, tergantung jumlah dan jenis yang akan dibuat. Untuk di awal guna mengetes pasar, jangan memasak terlalu banyak. Jika kreatif, buat gorengan yang lain dari yang lain, misalnya goreng pisang ditaburi gula halus, tempe digoreng mendoan (setengah matang), atau aneka kreasi lain yang intinya agar bisa menambah nilai jual gorengan Anda.
•     Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun Jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini. Biaya sewa tempat di dekat keramaian sekitar Rp 150 ribu - Rp 200 ribuan. Jika ingin berkeliling, Anda juga bisa memakai gerobak atau pikulan yang Anda pesan dengan biaya pembuatan sekitar Rp 500 ribu - Rp 800 ribuan.
•    Peralatan pembuatannya tak terlalu banyak yang perlu disiapkan dengan alat utama penggorengan dan kompor.
•   Seperti usaha penjualan makanan lain, sangat dianjurkan Jika pada awalnya Anda sendiri saja yang turun tangan guna mengetahui selera pasar dan mengetes rasa yang sudah Anda buat apakah bisa diminati orang.
B.  Persiapan :
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah perumahan, pasar, alun-alun, atau tempat keramaian lainnya. Jika Anda bisa berkreasi untuk menambah nilai jual produk gorengan Anda, jangan lupa sediakan tempat seperti dus agar terlihat lebih higienis.
C.  Proyeksi pendapatan:
Satu jenis gorengan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 300,- hingga Rp 1.000,- an. Variasi harga ini tergantung pada kemampuan Anda meracik dan memberi nilai tambah pada gorengan Anda.
D. Tingkat kesulitan : Tergolong mudah.

Search This Blog

Loading...

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...