Bisnis Kontrakan Rumah atau Kos kosan


A.  Modal dasar :
    Bisnis kontrakan atau kos kosan ini sebenarnya merupakan usaha passive income bagi Anda. Modal yang paling utama adalah bangunan yang Anda sewakan. Jika membangun dari awal biayanya bisa ratusan juta. Namun, Anda pun bisa memberdayakan kamar kosong di rumah Anda untuk usaha ini.
    Bila perlu, beri fasilitas tertentu seperti perkakas rumah dan hiburan seperti televisi. Selain itu adanya telepon juga bisa menambah harga sewa rumah atau kos. Sudah tentu, Anda harus mempertimbangkan biaya listrik, air, telepon. Lakukan pengawasan ketat agar Anda tidak kebobolan dalam urusan tagihan ini.
B.  Persiapan :
Biasanya lokasi yang ramai disewakan adalah lokasi yang dekat perkantoran atau sekolah serta universitas. Sebar brosur atau tempel selebaran bila perlu untuk menarik penyewa.
C. Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa ini sangat bergantung pada biaya yang Anda tanggung untuk Anda bayarkan. Misalnya biaya listrik, air, dan telepon serta pengeluaran Anda untuk fasilitas lain. Bila fasilitasnya lengkap, sebuah kamar kos ukuran 3x3 m bisa berharga antara Rp 100 ribu sampai Rp 1 jutaan per bulan jika memakai AC Sedang kalau kontrakan rumah biasanya dihitung tahunan tergantung pada lokasi dan besar kecil rumah.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Search This Blog

Loading...

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...