Bisnis Jasa Pembayaran Aneka Tagihan


A.  Modal dasar :
•     Usaha ini yang paling penting adalah akses kita kepada orang di sekitar perumahan atau perkantoran yang mau membayar listrik, telepon, air, mengantri tabungan, atau keperluan lain yang membutuhkan waktu sehingga sering merupakan pekerjaan yang membosankan. Dari sini sebe­narnya kita menyediakan diri untuk membantu mereka menyelesaikan urusannya tersebut tanpa harus mengantri dan menunggu.
•     Karena hal ini berhubungan dengan sejumlah uang yang dipercayakan kepada kita untuk dibayarkan, maka diperlukan dasar kepercayaan kepada kita sebagai pemberi jasa.
•     Bila ada, jaringan orang dalam yang bisa membantu mempercepat proses pembayaran juga bisa diajak ker-jasama agar proses pembayaran bisa berjalan lebih lancar.
•     Karyawan yang paling penting di usaha ini adalah kurir yang melakukan antar jemput dan pembayaran tagihan. Jika memang belum terlalu banyak yang mempercayakan urusan ini, disarankan Anda menjalankannya sendirian dulu dengan modal kendaraan yang Anda miliki.
B.  Persiapan :
Untuk jasa ini yang sangat diperlukan adalah kepercayaan dari pelanggan Anda. Karena itu, sebagai langkah awal ada baiknya Anda menawarkan jasa antar ini pada orang yang Anda kenal dekat terlebih dahulu atau di lingkungan tetangga sekitar Anda. Kalau perlu tawarkan jasa ini bekerjasama de­ngan RT atau RW setempat, sehingga koordinasi pembayaran listrik atau air bisa lebih mudah.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha jenis ini, Anda bisa menjual jasa sekali pem­bayaran minimal Rp 1.000,- per bon tagihan. Memang, jika dilihat sepintas, jasa ini kurang memberi hasil yang maksimal. Namun, seiring dengan makin sibuknya orang, serta makin banyaknya aneka macam tagihan, sebenarnya usaha ini cukup bisa memberi penghasilan tambahan.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Jasa Keamanan dan Penunggu Rumah


A.  Modal dasar :
•     Usaha ini sebenarnya timbul untuk menjawab kebutuhan masalah keamanan yang akhir-akhir ini cenderung tingkat kriminalitasnya meningkat. Apalagi saat hari raya, saat di mana banyak orang pulang kampung meninggalkan rumahnya, usaha ini mampu menjadi sebuah bidang yang cukup menarik untuk digeluti sebab modalnya hanyalah keberanian dan sedikit pengetahuan tentang masalah kea­manan.
•     Siapkan sejumlah alat keamanan. Untuk itu perlu kiranya jika sudah berkembang Anda mengurus perijinan ke kepolisian atau dinas terkait.
•     Jumlah karyawan yang Anda pekerjakan di sini biasanya ada beberapa, tergantung jumlah klien yang Anda tangani Makin banyak, makin butuh personel yang banyak pula. Anda bisa bekerjasama dengan pengusaha jasa keamanan yang sudah berpengalaman untuk memulai usaha ini. Dari mereka Anda bisa memperoleh tenaga keamanan yang cukup terlatih.
•     Untuk menawarkan jasa ini bisa Anda mulai dari lingkungan yang Anda kenal terlebih dahulu. Ini akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan jasa kea-rnanan. Jika terus berkembang, usahakan rekrut tenaga-tenaga keamanan atau satpam sendiri yang bisa Anda gaji berdasar kontrak dengan pelanggan Anda.
B.   Persiapan :
Usaha ini sebenarnya lebih banyak berhubungan dengan bagaimana mencegah sebelum sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Karena itu, perlu kiranya Anda juga melakukan penjelasan kepada klien Anda tentang bagaimana meningkatkan upaya keamanan bagi rumah dan harta mereka.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya jasa ini sangat variatif tergantung jasa keamanan yang ditawarkan. Jika sifatnya hanya beberapa hari pada waktu penghuni pulang kampung atau meninggalkan rumah, Anda bisa menawarkan biaya minimalis dari Rp 100 ribu per hari jaga.
Jika kemudian usaha Anda terus berkembang, Anda bisa juga menawarkan jasa satpam rumah yang dibayar layaknya gaji bulanan. Misalnya Jika Anda menggaji karyawan tersebut Rp 700 ribu, Anda bisa tawarkan jasa kepada mereka dengan tarif Rp 1 juta, dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan lumayan.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif beresiko (harus ekstra hati-hati).

Bisnis Kolam Pemancingan


A.  Modal dasar :
•     Untuk menggeluti usaha ini dibutuhkan lahan yang cukup luas. Untuk itu Anda bisa mencoba bekerjasama dengan orang yang memiliki lahan kosong yang belum digarap. Dari sana lantas dibangun empang atau kolam ikan.
•     Isi kolam dengan ikan. Biasanya yang diisikan adalah ikan mas, bawal, gurameh, nila, patin atau lainnya. Untuk mendatangkan ikan ini Anda bisa mendatangi pembibitan ikan. Biayanya sangat variatif tergantung jenis dan besar rata-rata ikan tersebut. Perhitungkan juga biaya untuk pemeliharaan ikan seperti pembelian pelet sebagai makanan ikan. Ongkos ini biasanya berkisar 30%-40% dari nilai jual ikan hasil pancingan.
•     Karyawan yang diperlukan di sini adalah seorang penjaga kolam dan penaksir berat ikan. Namun bisa juga ditambah tukang masak ikan jika Anda juga melayani pemasakan ikan langsung di tempat.
•     Untuk mendapatkan pemancing, Anda bisa menyebarkan brosur di perumahan atau perkampungan. Bisa juga Anda mengadakan lomba mancing setiap minggu atau sebulan sekali. Ini cukup efektif mendatangkan para pemancing.
B.   Persiapan :
Sebenarnya usaha ini tak terlalu sulit dikembangkan. Asal Anda cukup jeli, pasar penggemar mancing itu cukup terbuka. Untuk menarik pengunjung, sesekali adakan lomba man­cing. Sewakan juga alat pancing dan jual pakan ikan untuk memancing. Jika perlu, siapkan juga tukang masak untuk memasak ikan bagi pemancing yang ingin segera menikmati hasil tangkapannya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Usaha seperti ini biasanya mematok tarif Rp 25 ribu -Rp 40 ribu untuk pengunjung yang memancing seharian penuh, Rp 15 ribu buat yang setengah hari mancing. Harga ini bisa juga dipengaruhi jenis ikan yang ada di kolam pemancingan. Sedangkan untuk pemancing yang memilih kolam kiloan, dihitung berdasar jumlah kilogram ikan yang didapat, misalnya Rp 13 ribu untuk 1 kg ikan emas dan Rp 14 ribu untuk 1 kg ikan patin. Harga ikan ini pun sangat variatif tergantung daerah yang bersangkutan.
Kemudian, jika Anda membuka tempat sekaligus untuk memasak ikan, hasilnya bisa menjadi lebih berlipat
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang.

Bisnis Jasa Merangkai Bunga dan Parcel

A. Modal dasar  :
•     Lokasi strategis di pinggir jalan menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk menawarkan jasa ini. Sebab, jasa ini sangat dipengaruhi bentuk rangkaian yang Anda susun. Jika pelanggan melihat karya Anda cukup indah, biasanya mereka akan berdatangan sendiri.
•     Kebutuhan utama usaha ini kemampuan merangkai bunga dan menyusun parsel. Intinya yaitu bagaimana mengubah bunga atau bingkisan yang biasa-biasa saja menjadi lebih indah dan pantas untuk dijadikan hadiah.
•     Perhitungkan biaya pembelian bahan seperti isi parsel, keranjang, bunga, papan, vas, aksesoris lain.
•     Karyawan yang diperlukan di sini adalah mereka yang paham bagaimana menyusun bunga atau isi parsel men­jadi susunan yang indah.
•     Bila perlu Anda juga harus memiliki armada antaran yang bisa Anda tangani sendiri atau bekerjasama dengan usaha jasa antar tertentu.
•     Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai dari relasi dekat Anda. Selain itu, Anda bisa membagi brosur atau pasang iklan di media.
B.  Persiapan :
Kalau bisa, ajaklah kerjasama dengan supplier bunga atau penyedia bahan parsel sehingga Anda pun bisa menekan ongkos penyediaan barang. Selain itu, biasanya kebutuhan rangkaian bunga dan parsel ini akan meningkat jika mendekati hari raya. Karena itu, rajinlah berpromosi jika mendekati hari-hari tersebut.
Anda juga tak perlu ragu untuk mencontoh aneka desain lain yang indah untuk meningkatkan nilai jual paket rangkaian bunga atau parsel Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Bisa dikatakan pendapatan usaha ini adalah murni didapat dari jasa penyusunan rangkaian itu sendiri. Makin indah rangkaian yang bisa Anda susun, makin mahal juga harga yang bisa Anda tawarkan. Biasanya bunga ditawarkan dari mulai harga Rp 10 ribuan untuk mawar cantik hingga ratusan ribu untuk bunga ucapan selamat atau belasungkawa. Sedang untuk parsel, biasanya harga mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan, terganrung isi parsel yang ditawarkan.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, namun membutuhkan kemampuan dasar tersendiri.

Bisnis Jasa Kopian Diktat atau Catatan Kuliah


A. Modal dasar :
•     Modal utama yang Anda perlu siapkan di sini sebenarnya hanyalah mengumpulkan aneka macam catatan dan bahan kuliah yang bisa Anda dapatkan melalui relasi Anda yang masih kuliah.
•     Dari bahan tersebut, carilah bahan yang paling sering dipakai mahasiswa, terutama menjelang ujian semester. Perbanyaklah dengan cara fotokopi. Kalau perlu, ajaklah kerjasama usaha fotokopi tersebut untuk menjadi agen penyalur buku atau catatan kuliah tersebut.
B.   Persiapan :
Usaha ini sebenarnya hanyalah sebuah peluang kecil yang kadang tak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, jika dilihat, saat ujian semesteran di lembaga pendidikan mana pun, biasanya catatan kuliah atau diktat diserbu mahasiswa untuk dijadikan bahan belajar. Nah, untuk mendapatkan bahan ini Anda perlu mencari relasi di beberapa kampus untuk mendapakan bahan ini.
C.  Proyeksi pendapatan :
Sepertinya usaha nampak sepele. Namun, jika bahan yang ditawarkan cukup lengkap dan komprehensif, biasanya para mahasiswa pasti akan membelinya. Tawarkan saja harga dasar dari bea fotokopi plus bea Anda mencari bahan tersebut.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif mudah.

Bisnis Jasa Desain Aneka Rupa


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan utama usaha ini adalah kemampuan mendesain. Selain itu, banyaknya ide juga menjadi modal dasar yang diperlukan dari seorang desainer. Misalnya desainer mode pakaian, bisa menggalinya dari aneka macam majalah mode, desainer rumah bisa mencari sumber di aneka majalah atau buku tentang rumah, desainer grafts, bisa menggalinya dari aneka aspek yang ada di sekelilingnya, dll. Untuk investasi pencarian ide dengan berlangganan internet atau aneka macam majalah bisa dianggarkan minimal per bulan Rp 100 ribu.
•     Siapkan kartu nama dan brosur yang berisikan tentang kemampuan desain apa saja yang Anda miliki.
•     Properti yang dianjurkan dimiliki para desainer ini adalah komputer. Sebab, saat ini teknologi komputer punya kemampuan yang bisa sangat menunjang kerja para desainer ini.
•     Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai dari relasi dekat Anda. Namun, sangat disarankan Anda pasang iklan di media untuk lebih memperluas pasar Anda.
B.   Persiapan :
Siapkan aneka ragam contoh desain yang pernah Anda buat sebagai bukti kemampuan Anda pada calon pengguna jasa Anda. Buat katalog atau daftar portofolio jika memang perlu. Kebutuhan lain yang juga perlu Anda persiapkan adalah bagaimana Anda bisa memuaskan konsumen dengan layanan yang apik dan tepat waktu sesuai dengan permintaan. Sebab, keberlangsungan usaha ini memang sangat dipengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk biaya sewa kostum ini sangat relatif. Tergantung pada tingkat keindahan atau kesulitan yang ada dalam rancangan baju tersebut. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per hari jika kostum yang disewakan tergolong sulit perawatannya seperti baju pengantin yang banyak lipatan dan lekuk serta hiasannya.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sulit, tergantung kemampuan desainer.

Bisnis Jasa Jahit Pakaian


A. Modal dasar :
•     Kemampuan menjahit dan memahami mode yang sedang tren menjadi modal utama yang diperlukan untuk menggeluti usaha ini.
•     Peralatan jahit mulai dari inesin hingga jarum. Harganya bisa variatif mulai dari sekitar Rp 750 ribuan untuk yang manual hingga jutaan untuk yang sudah bermesin dan bahkan ada yang sudah menggunakan sistem komputer. Perhitungkan biaya listrik dan kebutuhan benang dan jarum untuk keperluan orderan sehari-hari.
•     Karyawan yang diperlukan di sini mudak adalah yang bisa menjahit. Untuk awal, bisa dimulai dari Anda sendiri atau mengajak rekan lain dengan sistem bagi hasil.
B.   Persiapan :
Usaha menjahit adalah usaha untuk mengubah tekstil menjadi pakaian jadi yang bisa digunakan konsumen. Persiapan yang diperlukan di sini adalah kemampuan menterjemahkan keinginan konsumen untuk membuat pakaian yang sesuai seleranya. Makin bisa dan bagus Anda melayani kebu­tuhan konsumen Anda, makin dipercaya Anda untuk menjahitkan pakaian mereka. Dan, biasanya hal ini akan menjadi sarana promosi yang efektif untuk usaha Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Bea yang dikenakan untuk pakaian ini sangat variatif tergantung dari tingkat kesulitan bahan dan mode yang dijahit. Untuk pakaian dan celana yang sederhana, biayanya berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 125 ribu. Untuk pakaian kebaya kenakan harga minimal Rp 100 ribu, makin sulit makin mahal. Untuk baju batik kenakan biaya Rp 200 ribu atau lebih, sedang untuk jas atau safari biasanya penjahit mematok di atas Rp 400 ribu.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif   sedang,   namun   membutuhkan   kemampuan dasar tersendiri.

Bisnis Sewa Pakaian Pesta atau Pengantin


A. Modal dasar :
•     Kebutuhan utarna usaha ini adalah properti pernikahan atau baju pesta. Biasanya, pesta pernikahan atau pesta besar lain menuntut kostum yang mewah dan elegan. Nah, bagi mereka yang dananya terbatas, pakaian yang biasanya hanya sekali dua kali pakai ini menjadi mubazir jika harus membeli sendiri, karena itu sewa menjadi alternatif pilihan tepat dan murah bagi mereka.
•    Perhitungkan juga bea perawatan rutin baju-baju tersebut. Sebab, sebaiknya pakaian yang barusan disewa harus langsung dibersihkan dan dirawat agar tetap awet dan menawan kondisinya.
•     Karyawan yang diperlukan di sini sebisa mungkin orang yang paham tentang seluk beluk pakaian ini sehingga jika ditanya pelanggan ia pun bisa memberikan advisnya pada si calon peminjam. Kalau perlu Anda menggan-deng desainer baju sehingga koleksi Anda pun bisa variatif. Ajak saja seorang rekan untuk berbagi hasil di usaha ini.
•     Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai dari relasi dekat Anda. Namun, sangat disarankan Anda pasang iklan di media yang banyak membahas mengenai pesta aneka rupa.
B    Persiapan :
Siapkan aneka ragam baju pesta beberapa setel. Makin banyak dan makin beraneka pilihan yang bisa Anda berikan, maka konsumen dapat semakin dimanjakan. Untuk itu akan lebih baik jika karyawan atau rekan yang Anda ajak kerjasama bisa mendampingi calon pelanggan untuk memilihkan baju yang paling pas sesuai ukuran dan pesta yang akan dihadiri.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk biaya sewa kostum ini sangat relatif. Tergantung pada ringkat keindahan atau kesulitan yang ada dalam ranca-ngan baju tersebut. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per hari jika kostum yang disewakan tergolong sulit perawatannya seperti baju pengantin yang banyak lipatan dan lekuk serta hiasannya.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, namun membutuhkan kemampuan dasar tersendiri.

Bisnis Tiketing dan Travel Agent


A.  Modal dasar :
•     Untuk menjalankan usaha ini Anda membutuhkan setidaknya satu ruangan kantor, bisa dari rumah Anda atau Anda menyewa ruko yang letaknya cukup strategis. Biaya sewa lokasi ini berkisar antara Rp 1 jutaan sampai Rp 2,5 jutaan per bulan. Jangan lupakan pula biaya listrik dan telepon. Sebab, usaha ini biasanya online de­ngan jaringan sehingga biaya telepon perlu dana ekstra.
•     Hal utama yang juga perlu segera dilakukan adalah mengurus perijinan. Sebab, usaha ini mutlak perlu ijin agar bisa beroperasi.
•     Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah staf yang memahami dunia wisata, jika perlu cari lulusan sekolah pariwisata. Namun, jika Anda hanya ingin menjadi penyalur dan penjual tiket, rekrut saja satu dua orang untuk operasional penjualan tiket sehari-hari.
•    Jika memang ingin menyeriusi usaha ini, Anda bisa mulai dengan menjadi sub agen besar untuk membantu pen­jualan mereka. Dari sana selain mendapat komisi, Anda bisa memperluas jaringan untuk nantinya dikembangkan sendiri.
B.   Persiapan :
Yang perlu Anda persiapkan pertama kali di sini adalah jaringan dan infrastruktur dengan agen lain atau armada serta maskapai penerbangan. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan aneka macam keuntungan komisi. Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa berpromosi di. media atau melalui informasi yang Anda sebarkan ke relasi Anda. Memang, usaha ini biasanya pada awalnya cukup berat dan biayanya pun relatif besar. Namun, jika Anda pandai melihat peluang dan mengembangkan jaringan atau layanan, misal dengan layanan online telepon 24 jam dan jasa antaran tiket, usaha ini masih banyak menyimpan peluang.
C.  Proyeksi pendapatan :
Keuntungan yang utama dari hasil usaha ini biasanya dari komisi yang didapat melalui penjualan tiket atau paket wisata dari agen besar di mana Anda menjadi sub agen mereka. Jika Anda jeli, banyak pula peluang yang bisa digarap di sektor usaha ini seperti jasa pengurusan paspor dan visa untuk kunjungan ke luar negeri.
Ke depan, jika terus berkembang, Anda bisa mulai menggarap pasar sendiri misalnya dengan menciptakan paket wisa­ta UMROH, Haji, atau paket wisata lain baik domestik atau lokal.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tinggi.

Bisnis Sewa Komputer, Laptop Kerja, dan Pengetikan Dokumen


A. Modal dasar :
•    Dalam beberapa kondisi, ada keperluan perkantoran yang sifatnya sementara. Nah, untuk meminimalisir biaya, kantor seperti itu biasanya memilih menyewa properti seperti komputer dan laptop kerja. Karena itu, Anda bisa menawarkan jasa ini pada mereka dengan modal laptop atau komputer yang Anda miliki.
•    Untuk beberapa hal, dengan kemampuan komputer yang Anda miliki, ini dapat menjadi modal untuk menawarkan jasa pengetikan dokumen atau untuk keperluan lainnya bagi mereka.
•    Biasanya usaha seperti ini sifatnya hanya dari informasi dari mulut ke mulut, karena itu ada baiknya Anda mendata kembali jaringan relasi yang Anda miliki untuk menawarkan jasa ini.
B   Persiapan :
Usaha ini sebenarnya hanyalah sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya yang ada di rumah yang Anda miliki. Daripada komputer atau laptop hanya sekadar jadi alat bermain game, lebih baik Anda berdayakan untuk disewakan bagi relasi Anda yang membutuhkan jasa pengetikan dokumen. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah bagaimana agar semua dokumen yang dipercayakan kepada Anda dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.
Namun, jika komputer atau laptop yang mereka pinjam, pastikan kondisinya terlebih dahulu. Buat perjanjian di awal agar jangan sampai ada masalah di belakang jika terjadi sesuatu pada komputer atau laptop Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk sewa komputer bisa diperlakukan tarif jam-jaman bagi penyewa individu, atau bulanan bagi penyewa perusahaan. Bea sewa per jam biasanya berkisar Rp 1.500,-an bagi individu. Jika untuk kantor, perhitungkan tingkat penanganan dan perawatannya. Anda bisa menawarkan harga mulai Rp 1 jutaan untuk komputer PC dan Rp 2 jutaan per bulan untuk laptop. Jika memang Anda ingin menekuni pengetikan dokumennnya saja, Anda bisa menawarkan jasa ini dengan biaya berkisar Rp 2.000,- sampai Rp 3.000,-an per halaman ketik spasi normal. Jika membutuhkan grafis yang cukup sulit, atau jika perlu desain lainnya, Anda dapat menawarkan harga yang lebih mahal bagi mereka.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tinggi tingkat risiko (sewa komputer dan laptop), sedangkan pengetikannya relatif sedang (bergantung pada kemampuan yang Anda miliki).

Bisnis Sewa Tempat Food Bazaar


A. Modal dasar :
•    Yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah lokasi yang cukup luas dan strategis, misalnya lahan kosong di sekitar kampus, atau lokasi lain di sekitar daerah pertokoan.
•     Yang perlu dipersiapkan lainnya adalah bangunan yang dibagi-bagi dalam beberapa konter atau jika tidak permanen dan ingin rneminimalisir biaya, bisa juga dalam bentuk partisi dari kayu, bambu, dan bangunan sederhana lain.
•    Jangan lupakan promosi. Sebab, selain lokasi yang strate­gis, tempat makanan aneka rupa seperti ini tetap membutuhkan penyebaran informasi.
•     Jangan lupakan juga ijin usaha agar orang yang menyewa konter Anda pun merasa nyaman dan tak perlu repot mengurus masalah perijinan.
B.  Persiapan :
Yang penting disiapkan dalam usaha ini adalah bagaimana membuat lokasi Anda diketahui dan didatangi orang. Sebab, makin banyak orang yang datang ke lokasi, makin senang pula penyewa konter Anda. Kalau perlu, ciptakan momen khusus, misalnya live music, hiburan lain untuk menarik pengunjung. Selain   itu,   agar  Anda   merasa   nyaman   mengelola, tawarkan sistem sewa paket, misalnya tiga bulanan dengan sistem bayar di muka. Hal ini perlu untuk kepastian Anda agar lokasi food bazaar tersebut tetap ramai.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa food bazaar ini beraneka macam, semua itu bergantung pada strategis dan luas lokasi,. Makin bagus, makin mahal. Anda bisa mulai menyewakan per petak dari Rp 150 ribuan per bulan hingga jutaan jika memang lokasinya sangat strategis seperti di dalam mal. Untuk menambah penghasilan, ada baiknya Anda memberlakukan sistem di mana si penyewa hanya menyediakan makanan. Sedangkan minuman Anda harus membeli di kon­ter milik Anda. Dengan begitu, sudah pasti pemasukan dari minuman dapat menambah kocek Anda.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Bisnis Sewa Ruang Usaha (Virtual Office)


A. Modal dasar :
•     Usaha ini sebenaranya adalah sebuah cara bagi pengusaha yang tidak ingin terikat di kantor agar bisa tetap keep in touch dengan pelanggan atau klien meski ia tidak di kantor. Selain itu, usaha seperti ini juga bisa berguna bagi mereka yang belum memiliki kantor yang layak. Intinya ini seperti sebuah kantor asli, di mana layanan ini mempunyai seorang sekretaris yang menerima, mengatur, dan menjadwal semua panggilan dari luar. Selain itu, biasanya kantor seperti ini menawarkan jasa terima faksimili. Bila diperlukan, kadang kantor seperti ini juga menyediakan meeting room yang disewakan.
•    Pada dasarnya, usaha ini tak memerlukan banyak tetek bengek. Hanya seorang sekretaris yang digaji untuk melaksanakan tugas layaknya di sebuah kantor asli. Jika banyak penyewa kantor, yang berarti akan ada beberapa nama perusahaan penyewa, ada baiknya sekretarisnya lebih dari dua orang.
•     Kebutuhan utama kantor ini hanya sebuah ruangan kecil untuk filing data, karena itu semua bisa dilakukan di rumah. Namun, untuk menambah bonafiditas perusahaan penye­wa, ada baiknya Anda menyewa sebuah ruang di gedung pusat kota. Dari sanalah Anda mengendalikan kantor vir­tual ini. Biaya sewa telpon, faksimili, dan ruangan sekitar Rp 2 jutaan.
B.  Persiapan :
Yang paling penting untuk usaha ini adalah kemampuan sekretaris untuk menjawab dan mengatur semua panggilan. Karena itu, carilah orang yang bisa benar-benar mengenal seluk beluk dunia kesekretariatan. Sebab, biasanya kantor yang bisa disewa lebih dari satu perusahaan ini akan membuat repot sang sekretaris jika ia tidak pandai mengatur perannya.
C. Proyeksi pendapatan :
Untuk jasa ini, Anda bisa menawarkan paket bulanan dengan biaya mulai Rp  1  jutaan. Jumlah  tersebut dapat bertambah   seiring  dengan   tingkat intensitas  perusahaan menggunakan jasa dan fasilitas yang Anda sediakan di kan­tor virtual. Selain itu faktor lokasi yang bisa memengaruhi bonafiditas perusahaan penyewa juga perlu diperhitungkan untuk menentukan harga yang tepat bagi pelanggan jasa ini.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Bisnis Sewa Alat Pesta


A. Modal dasar :
•    Biasanya yang dibutuhkan di sebuah pesta atau hajatan diantaranya yaitu kursi, meja, tenda, sound system, serta dekorasi panggung. Peralatan seperti inilah yang wajib dimiliki jika ingin menggeluti usaha ini. Memang, biaya investasinya jika lengkap tergolong besar hingga Rp 200 jutaan. Namun, Anda yang punya dana terbatas tak perlu kecil hati, sebab, banyak pula pesta kelas kampung yang sederhana yang biasanya untuk memenuhi kebutuhannya tak semewah pesta di kota-kota besar. Untuk itu pa­ling tidak Anda harus punya tenda terpal, kursi seng, meja kayu, sound system sederhana yang bisa dibuat sendiri. Untuk yang kelas sederhana ini, barangkali dana yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 10 juta - 20 jutaan.
•    Untuk sewa alat pesta ini biasanya perlu operator yang cukup banyak. Karena itu jumlah karyawan yang Anda pekerjakan tak bakal cukup satu dua orang saja. Namun, untuk menyiasati agar biaya karyawan tak terlalu mahal, bisa diambil karyawan dengan sistem kontrak hanya pada saat ada order.
•    Jangan lupakan brosur dan kartu nama yang menyebutkan alat pesta apa saja yang bisa Anda tawarkan. Sebab, usaha seperti ini pengaruh informasi dari mulut ke mulut cukup berperan.
•    Kendaraan untuk pengangkut properti. Namun, jika dana Anda terbatas, saat awal bisa saja Anda menyewa kendaraan orang lain.
B.  Persiapan :
Yang paling penting dari usaha ini adalah Anda harus benar-benar mengetahui barang apa saja yang Anda miliki. Sebab, tak jarang barang yang kurang dikontrol saat pengembaliannya mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Usahakan juga untuk terus rutin merawat semua properti Anda. Sebab, makin bersih dan terawat barang yang Anda sewakan, pelanggan pun akan merasa nyaman. Biasanya, konsumen yang puas untuk sewa menyewa alat pesta ini jarang berpindah ke orang lain karena jika sudah merasa cocok sulit untuk berpaling.


C.  Proyeksi pendapatan :
Biasanya usaha sewa alat seperti ini dihitung biaya bijian tergantung properti apa yang dipinjam. Jika tenda, biayanya berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu per meter persegi tergantung jenis dan kemewahan tenda tersebut pun untuk properti seperti kursi, bisa ditawarkan per biji mulai Rp 500,-. Untuk sound system, biaya sewanya bisa mulai dari Rp 1 juta atau lebih tergantung pada kelengkapan dan kecanggihan sound yang disewa. Dengan banyaknya pesta mulai dari pernikahan, sunatan, 17 Agustusan, hingga aneka macam perayaan, usaha ini sudah pasti cukup prospektif untuk digarap.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, hanya saja usaha seperti ini membutuhkan perhatian dan ketelitian ekstra untuk mengontrol kondisi barang.

Bisnis Jasa Antar Pegawai Kantor



A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan utama usaha ini adalah angkutan berupa mobil ukuran keluarga berupa Kijang atau Carry. Untuk mengawalinya, tak perlu mencari mobil baru. Bahkan, sangat disarankan Anda tinggal memanfaatkan mobil yang Anda miliki di rumah. Sebab, biasanya usaha ini rata-rata adalah pekerjaan sampingan bagi pemilik mobil di petumahan yang jauh dari pusat kantor. Namun tetap, jangan lupa perhitungkan juga biaya perawatan mobil seperti servis rutin, ganti oli, ganti ban tiap berapa kilo­meter, dan beberapa bagian lain yang perlu perawatan.
•     Persiapkan juga bea tahunan seperti pajak kendaraan dan bea asuransi kendaraan.
•     Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah seorang sopir atau bisa juga Anda sendiri yang menjadi sopir jika Anda merangkapnya saat Anda sekalian jalan ke kan­tor.
•     Jika memang ingin menyeriusi usaha ini, jangan lupa urus perijinannya ke lembaga terkait.

B.  Persiapan :
Usaha ini biasanya adalah usaha sampingan bagi pemilik kendaraan yang berada di lingkungan perumahan yang jauh dari pusat kantor. Misalnya kalau di daerah Jakarta, yang men-jalankan usaha ini adalah mereka yang tinggal di daerah Bekasi, Depok, atau Tangerang. Biasanya, sebelum berangkat ke kantor, Anda tinggal menunggu penumpang di lokasi yang sering dijadikan tempat menunggu kendaraan umum. Namun, untuk meminimaliskan risiko ribut dengan angkutan kota daerah tersebut, lebih baik jika Anda sudah punya langganan tetap di daerah tinggal Anda. Tinggal jemput mereka dan berangkat bersamaan.

C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk jasa ini, biasanya satu mobil bisa diisi sepuluh orang hingga 12-an orang, tergantung kapasitas angkut kendaraan. Biasanya, satu penumpang ditarik antara Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- tergantung pada jauh tidak dengan lokasi antaran. Bisa juga ditawarkan sistem paket bulanan antar jemput dengan biaya sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribuan per orang. Jika memang sekadar ingin menjadikan ini sebagai usaha sampingan, usaha ini cukup menguntungkan, setidaknya untuk meringankan bea rawat dan operasional kendaraan.

D. Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Bisnis Jasa Antar Anak Sekolah


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan utama usaha ini adalah angkutan berupa mobil ukuran keluarga berupa kijang atau carry. Untuk mengawalinya, tak perlu mencari mobil baru. Bahkan, sangat disarankan Anda tinggal memanfaatkan mobil yang Anda miliki di rumah. Namun tetap, jangan lupa perhitungkan juga biaya perawatan mobil seperti servis rutin, ganti oli, ganti ban tiap berapa kilometer, dan beberapa bagian lain yang perlu perawatan.
•     Persiapkan juga bea tahunan seperti pajak kendaraan dan bea asuransi kendaraan.
•    Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah seo-rang sopir.
•     Bila perlu, tawarkan juga kerjasama ke sekolah-sekolah tertentu untuk layanan ini.
B.  Persiapan :
Usaha ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Sebab dalam bisnis antar jemput, yang dijual bukan kondisi mobilnya, bukan enak atau tidak enaknya, tapi ketepatan waktu. Selain itu, praktis atau tidaknya proses keputusan siapa yang di- drop dulu, skpa yang dijemput kemudian. Hal ini perlu diperhatikan karena murid sekolah tidak boleh datang terlambat Untuk itu pahami rute yang harus Anda lewati untuk mengantarkan anak sekolah tersebut Untuk memulai usaha ini selain menawarkan jasa ke lingkungan perumahan yang sudah Anda kenal, tawarkan juga ke sekolah-sekolah tertentu. Tawarkan jasa antar jemput murid sekolah tersebut. Sebab, mereka ini lah pasar yang sangat potensial bagi usaha Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk jasa ini, biasanya satu mobil bisa diisi sepuluh anak hingga 12-an anak, tergantung kapasitas angkut kendaraan dan besar kecil anak. Untuk satu anak, biasanya ditetapkan ongkos antara Rp 60 ribuan hingga Rp 150 ribuan per bulan, tergantung pada jarak sekolah dari lokasi penjemputan. Untuk menambah penghasilan, cari sekolah yang menggunakan model shift, kelas pagi dan siang, sehingga Anda bisa dapa mengantar dan menjemput dua kali, pagi dan siang hari.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang.

Bisnis Angkutan Kota


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan  utama usaha ini adalah  angkutan  berupa mobil ukuran keluarga berupa kijang atau Carry. Untuk mengawalinya, tak perlu mencari mobil baru, sebab bekas dengan kualitas yang memadai sudah cukup untuk usaha ini. Biaya beli sekitar Rp 35 juta sampai Rp 80 jutaan. Perhitungkan juga biaya perawatan mobil seperti servis rutin, ganti oli, ganti ban tiap berapa kilometer, dan beberapa bagian lain yang perlu perawatan. Selain itu, perhitungkan juga bahwa usia kendaraan di atas dua tahun biasanya  membutuhkan  bea  perawatan  ekstra.  Sebab, usaha  angkutan  kota  biasanya   menuntut  jam  kerja kendaraan yang cukup tinggi, kira-kira mencapai 5000 kilometer per bulan.
•     Persiapkan juga bea tahunan seperti pajak kendaraan dan bea asuransi kendaraan.
•    Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah seorang sopir.
•     Urus juga masalah perijinan dan persiapkan juga bea pungutan liar yang kadang sering diminta dalam usaha angkutan kota.
B.  Persiapan :
Usaha angkutan kota ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bagaimana mendapatkan trayek yang cukup gemuk untuk mendapatkan
keuntungan maksimal. Kemudian, yang perlu diperhatikan lagi adalah memilih sopir yang bisa kita percayai jika memang bukan kita sendiri yang mengendarai. Selain itu, sebelum menerjuninya, ada baiknya meninjau berbagai kondisi yang berlaku di lapangan, mulai dari urusan dengan polisi, hingga dengan preman terminal. Makin paham Anda dengan seluk beluk masalah ini, risiko yang ada pada usaha ini bisa makin diminimalisir.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk angkutan kota seperti di Jakarta, biasanya sebagai pemilik kita menerima bersih setoran dari sopir sekitar Rp 80 ribu hingga seratus ribuan per hari. Keuntungan lebih yang didapat menjadi hak si sopir dan kernet angkutan tersebut. Namun, semua keuntungan itu juga harus dikurangi dengan biaya perawatan kendaraan yang perlu rutin dilakukan. Sangat disarankan di masa awal menggeluti usaha ini, Anda menjalankan sendiri kendaraan tersebut Selain semua pemasukan menjadi milik pribadi, Anda juga bisa lebih memahami seluk beluk usaha ini sebelum memercayakan usaha pada sopir yang jadi karyawan Anda.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, namun tetap harus mempertimbangkan tingkat risiko urusan dengan preman, polisi, serta bea lainnya.

Bisnis Sewa mobil


A.  Modal dasar :
•     Saat ini alat transportasi yang paling sering disewa adalah mobil keluarga seperti Kijang atau Panther. Biaya mendatangkan kendaraan tersebut berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 200 jutaan. Perhitungkan juga biaya perawatan mobil seperti servis rutin, ganti oli, ganti ban tiap berapa kilometer, dan beberapa bagian lain yang perlu pera­watan. Selain itu, perhitungkan juga bahwa usia kendaraan di atas dua tahun biasanya membutuhkan bea perawatan ekstra.
•     Persiapkan juga bea tahunan seperti pajak kendaraan dan bea asuransi kendaraan.
•    Karyawan yang diperlukan di sini biasanya adalah seorang sopir
•    Brosur promosi tentang mobil yang disewakan.
B.  Persiapan :
Usaha persewaan kendaraan ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Namun, Anda perlu ekstra hati-hati saat menyewakan kendaraan Anda. Pastikan betul identitas peminjam yang jelas sehingga Anda tak terlalu repot jika terjadi sesuatu karena bisnis ini sebenarnya beresiko tinggi. Untuk meminimalisir risiko, Anda bisa juga mengasuransikan kendaraan Anda. Jika memang si penyewa tak membutuhkan sopir, Anda harus benar-benar memastikan bahwa si peminjam bisa dipercaya sepenuhnya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa mobil saat ini bisa dihitung per jam atau hari-an. Bisa juga mingguan atau bulanan. Satu hari sewa saat ini biaya berkisar Rp 100 ribu - Rp 200 ribuan di luar bea bahan bakar kendaraan. Anda juga bisa mempertimbangkan menye-wakan kendaraan untuk antar jemput dan operasional perkantoran. Mulailah dengan menawarkan jasa ini pada relasi Anda. Biayanya bisa bulanan misalnya dengan Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan per mobil. Tergantung jenis dan tingkat kebaruan kendaraan yang Anda sewakan. Untuk menghitung bea sewa yang paling mudah, perhitungkan dulu bea sewa ini untuk menutup operasional perawatan kendaraan dan ambil keun-tungan dari sana.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tinggi (tingkat risiko kehilangan dan bea pera­watan).

Bisnis Sewa Buku dan Koran atau Majalah



A. Modal dasar :
•     Usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini.
•     Sebagaimana persewaan film, yang paling utama dalam usaha ini adalah keberadaan buku terbaru dan terlaris yang  dijadikan  koleksi  untuk  disewakan.   Sedangkan untuk koran dan majalah bisa Anda sewakan untuk baca di tempat. Dalam hal ini, Anda bisa membentuk sebuah mini cafe untuk menambah nyaman taman bacaan Anda. Biaya buku baru sekarang berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribuan. Sedang bea langganan koran dan majalah saat ini berkisar puluhan ribu per media. Untuk rak buku dan majalah, diperlukan biaya sekitar Rp 1 juta - Rp 2 jutaan.
•     Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini tak perlu banyak, paling minim hanya satu orang penjaga perse­waan dan satu pelayan cafe Anda.
•    Brosur atau selebaran promosi tentang koleksi buku ter­baru Anda.
B.  Persiapan :
Usaha persewaan buku ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Seperti juga persewaan film, Anda juga perlu memer-hatikan identitas peminjam yang jelas sehingga Anda tak ter­lalu repot menagih jika peminjam belum mengembalikan pin-
jamannya. Katalog koleksi yang rapi juga bisa membantu Anda mengontrol semua koleksi film Anda. Kalau perlu, buatlah kartu keanggotaan.
Buat nyaman cafe baca Anda dengan musik ringan yang easy listening. Di beberapa tempat, taman bacaan dengan konsep mini cafe ini biasanya justru cafe-nya yang lebih banyak memberi masukan dibanding sewa bukunya. Karena itu, buatlah sebaik dan senyaman mungkin cafe taman bacaan Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa buku saat ini berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,- an masa seminggu sewa tergantung kebaruan, kelarisan, dan kemahalan harga buku. Sedangkan untuk majalah dan koran, Anda tak perlu memungut bea sewa. Cukup beri tempat yang nyaman bagi mereka untuk baca di tempat dan Anda akan mendapat pemasukan dari mini cafe Anda. Untuk minuman teh botol Anda bisa menjual antara Rp 2.000,- sampai Rp 3.000,- an. Untuk kopi bisa mencapai Rp 5.000,- an. Guna menambah variasi, Anda bisa menjual juga jus buah dan sejumlah makanan kecil.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Penyewaan Film dan Bioskop Mini



A.  Modal dasar :
•    Usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini. Namun, jika Anda ingin serius, bisa juga menyewa dan menyulap ruko yang cukup strategis menjadi tempat usaha ini.
•    Yang paling utama dalam usaha ini adalah keberadaan film terbaru dan terlaris yang dijadikan koleksi untuk di-sewakan. Biaya membeli VCD original saat ini berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribuan. Sedang untuk DVD original Rp 75 ribu hingga dua ratus ribuan. Kemudian untuk memajang koleksi sehingga mudah dipilih biayanya mencapai sekitar Rp 2 jutaan. Untuk memini-malisir biaya pemajangan ini, Anda juga bisa mem-berikan katalog koleksi film daripada memajangnya.
•    Untuk memberikan fasilitas bioskop mini, seddaknya Anda perlu TV set lengkap plus sound system yang memadai. Biaya TV ukuran sekitar minimal 29 flat inch saat ini variatif, sekitar Rp 2,5 jutaan atau lebih. Untuk home theatre yang cukup nyaman di telinga, biayanya saat ini berkisar Rp 2,5 jutaan atau lebih. Makin bagus dan makin canggih TV dan peralatan untuk menunjang bioskop mini ini, makin mahal biaya yang kita keluar-kan. Untuk menambah kenyamanan penonton, Anda juga bisa mendatangkan sofa set bagi penonton. Selainitu, untuk rneredam kebisingan, perlu juga ruangan yang dibuat kedap suara bet-slC untuk menambah kenyamanan penonton.
•     Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini tak perlu banyak, paling minim hanya satu penjaga persewaan dan satu operator bioskop mini.
•     Brosur promosi tentang koleksi film terbaru dan film yang akan diputar di bioskop Anda.
B.   Persiapan :
Usaha persewaan dan pemutaran film ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Yang perlu Anda perhatikan adalah identi-tas peminjam yang jeks sehingga Anda tak terlalu repot menagih jika peminjam belum mengembalikan pinjamannya. Katalog koleksi yang rapi juga bisa membantu Anda me-ngontrol semua koleksi film Anda. Kalau perlu, buatlah kartu keanggotaan.
Untuk bioskop mini, Anda bisa mempersiapkan beberapa judul pilihan minggu ini atau juga memberikan kebebasan bagi penyewa pribadi untuk memilih film kesayangannya. Anda juga bisa menerima pesanan untuk rombongan penon­ton bioskop Anda. Untuk menambah pemasukan, bisa juga Anda buat mini cafe untuk para penonton tersebut.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa film saat ini berkisar Rp 3 ribuan untuk satu VCD dan Rp 4-5 ribuan untuk DVD tergantung kebaruan dan kelarisan film yang dipinjam. Sedang untuk bioskop mini, Anda bisa memberikan harga penonton Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribuan per penonton. Demi nyamannya penonton, batasi jumlah penonton dalam sekali pemutaran, misalnya maksimal 10 orang. Anda bisa juga menawarkan paket tontonan keluarga, mahasiswa, atau paket lain yang intinya bagaimana memberikan kenyamanan kualitas bioskop ke ruangan Anda. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menawarkan menu makanan dan minuman pendamping saat menonton.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Tempat Penitipan dan Perawatan Binatang



A. Modal dasar :
•     Usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini.
•     Tak banyak perkakas yang dibutuhkan untuk penitipan dan perawatan ini. Hanya beberapa kandang atau pelangkap lain yang sebenarnya juga bisa didapat langsung dari pelanggan yang menggunakan jasa kita. Selain itu dibutuhkan pula makanan hewan yang bisa didapat dari pelanggan atau Anda sediakan sendiri dengan biaya tertentu.
•     Khusus untuk perawatan, Anda bisa juga melebarkan sayap usaha dengan memberikan jasa mempercantik binatang peliharaan pelanggan. Layaknya salon manu-sia, binatang pun saat ini bisa dipercantik dengan aneka aksesoris. Modal yang dibutuhkan untuk layanan ini tak terlalu mahal, maksimal Rp 1 juta - Rp 2 jutaan untuk mendatangkan berbagai aksesoris untuk mempercantik binatang peliharaan.
•    Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini akan lebih baik jika melibatkan ahli atau penyayang binatang serta dokter hewan. Memang, cukup mahal untuk menyewa jasa mere­ka, karena itu sangat disarankan untuk mengajak kerjasama dengan mereka dengan sistem bagi hasil untuk usaha ini.
•     Brosur promosi yang bisa ditempel di sekitar daerah perumahan, biasanya kompleks rumah elit yang banyak  memelihara binatang. Selain itu bisa juga menawarkan jasa melalui iklan di surat kabar atau selebaran.
B.   Persiapan :
Usaha penitipan binatang ini biasanya sangat laris jika menjelang hari raya di mana banyak pemilik binatang yang bepergian dan tak mau repot mengurusi binatang peli-haraannya. Untuk itu rajin-rajinlah berpromosi pada saat menjelang hari raya atau libur panjang.
Untuk lebih memperluas pangsa pasar Anda, tawarkan jasa perawatan dari rumah ke rumah. Misalnya sebulan dua kali Anda bisa da tang dengan dokter hewan yang Anda ajak ker-jasama untuk mengontrol kondisi binatang kesayangannya.
C.  Proyeksi pendapatan :
Biaya jasa ini sangat variatif tergantung jenis hewan yang dititipkan. Perhitungkan tingkat kesulitan perawatan dan biaya makan binatang tersebut. Biayanya bisa dihitung harian, mulai dari Rp 10 ribu untuk jenis hewan jinak seper-ti kucing atau anjing hingga puluhan ribu untuk hewan yang tergolong sulit penanganannya seperti hewan reptilia.
Khusus untuk perawatan binatang, terapkan harga khusus layaknya layanan dokter yang biayanya sangat bergan-tung pada tingkat kondisi dan masalah yang ada pada binatang tersebut.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif tinggi (membutuhkan keahlian tertentu).

Search This Blog

Loading...

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...