Bisnis Air Isi Ulang


A.  Modal dasar :
•     Kebutuhan utama usaha ini sebenarnya adalah alat penyulingan atau pemurnian yang harganya sangat variasi. Jika yang sifatnya hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga alatnya paling hanya sekitar Rp 3 juta - Rp 5 jutaan. Namun, Jika ingin yang cukup serius sehingga bisa menjual galonan, alatnya mencapai puluhan juta rupiah.
•     Usaha ini biasanya cukup laris dibuka di sekitar perumahan, jadi tidak makan tempat dan biaya. Namun, bisa juga Anda perhitungkan untuk sewa tempat di sekitar lokasi mini market untuk menarik lebih banyak pelanggan.
•     Untuk mendatangkan air yang cukup bersih, Anda juga bisa bekerjasama dengan penyalur air yang kini bisa Anda cari melalui beberapa media.
B.   Persiapan :
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah pasar, dekat sekolah, mini market, terminal, atau daerah lain yang banyak didatangi orang. Tapi, bisa juga Anda membukanya di rumah sehingga pasarnya di sekitar perumahan Anda.
C.  Proyeksi pendapatan :
Satu galon isi ulang kini rata-rata dijual dengan harga isi Rp 2.500,- hingga Rp 3.000,-. Jika Anda cukup kreatif, sediakan juga jasa antar jemput galon dengan biaya tambahan Rp 500,-.
D  Tingkat kesulitan Tergolong mudah.

Bisnis Jualan Es Cendol


A.  Modal dasar :
•    Kebutuhan dasar usaha ini adalah peralatan pembuatan beserta bahan baku seperti tepung untuk cendol, gula jawa, santan dan beberapa bahan lainnya. Modal dasar pembuatan ini sebenarnya tidak terlalu besar, paling hanya sekitar Rp 100 ribu - Rp 200 ribuan untuk sekitar 100 - 200 gelas es.
•     Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini Biaya sewa tempat di dekat keramaian sekitar Rp 150 ribu - Rp 200 ribuan. Jika ingin berkeliling, Anda juga bisa memakai gerobak yang Anda pesan dengan biaya pembuatan sekitar Rp 500 ribu - Rp 800 ribuan.
B.  Persiapan :                                  
Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda membukanya di lokasi yang cukup strategis, seperti daerah pasar, dekat sekolah, mini market, terminal, atau daerah lain yang banyak didatangi orang.
C. Proyeksi pendapatan :
Satu gelas cendol biasanya kini bisa dijual Rp 1.500,- hing­ga Rp 2.500,- an, tergantung pada komposisi bahan yang terkandung di dalamnya. Jika sehari bisa menjual 100 gelas saja, keuntungan yang cukup lumayan bisa Anda petik dari usaha ini.
D. Tingkat kesulitan : Tergolong mudah.

Bisnis Jualan Es Krim


A.  Modal dasar :
Kebutuhan dasar usaha ini adalah peralatan pembuatan es atau jika tak ingin repot Anda bisa menjadi agen penjualan es krim perusahaan lain. Jika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka di teras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini, misalnya di depan minimarket atau berjualan keliling perumahan atau perkampungan. Jika ingin berkeliling, Anda juga bisa memakai gerobak yang Anda pesan dengan biaya pembuatan sekitar Rp 500 ribu - Rp 800 ribuan.
•    Perhitungkan biaya mendatangkan bahan baku es serta kebutuhan lain seperti cup atau gelas es. Selain itu perhitungkan juga biaya listrik untuk operasionalisasi alat pembuatan es serta lemari pendingin untuk menyimpan bahan baku. Modal yang diperlukan biasanya tak terlalu besar, paling sekitar Rp 200 ribu - Rp 500 ribuan di luar biaya peralatan.
B.  Persiapan :
Sebagai langkah awal, selain membuka di lingkungan rumah, Anda bisa berjualan keliling di perumahan atau seki­tar sekolah dan pusat perbelanjaan. Cara lainnya, Anda bisa menawarkan es buatan Anda kepada jasa katering atau pesta sebagai pelengkap hidangan penutup mereka.
C.  Proyeksi pendapatan :
Es krim yang dijual keliling biasanya berharga sekitar Rp 1.000,- hingga paling mahal Rp 3.000,- an jika esnya dibentuk dan punya rasa tertentu. Kalau dijual dengan bekerjasama dengan usaha katering, biasanya es krim dijual per paket seharga mulai Rn 100 ribuan. Jika sudah berkembang, Anda pun bisa membuka mini cafe yang khusus mekyani penjualan es krim yang khas buatan Anda.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong mudah asal telaten dalam pembuatannya.

Bisnis Jualan Aneka Minuman Dingin


A.  Modal dasar :
Kebutuhan dasar usaha ini adalah peralatan pembuatan seperti blender, gelas, dan aneka perkakas lain. ]ika ingin membuat di rumah Anda bisa membuka diteras rumah, namun jika ingin serius, Anda bisa pula menyewa lokasi strategis untuk usaha ini. Perhitungkan biaya mendatangkan bahan baku minuman.
Selain itu perhitungkan juga biaya listrik untuk operasionalisasi alat-alat.
B.  Persiapan :
     Sebagai langkah awal, carilah aneka jenis minuman olahan yang bisa Anda lihat di majalah atau media lain. Buat sesuatu yang khas produk Anda, sehingga nantinya saat terus berkembang, Anda punya brand yang jadi ciri khas yang bisa dicari orang. Untuk promosi, Anda bisa juga menawarkan layanan antar untuk pemesanan dengan jumlah tertentu.
C. Proyeksi pendapatan :
Jus buah kini biasa ditawarkan sekitar Rp 2.500,-an per gelas. Untuk minuman lain seperti ice coffee bisa ditawarkan sekitar Rp 5.000,- ke atas. Harga-harga itu bisa disesuaikan tergantung biaya yang dikeluarkan untuk ongkos produksinya.
D. Ide usaha minuman lain :
Aneka olahan jus buah, aneka olahan minum teh dan kopi, dll.
E.   Tingkat kesulitan :
Tergolong mudah.

Bisnis Katering


A. Modal dasar :
Kebutuhan dasar usaha ini aneka macam peralatan masak yang bisa menghasilkan masakan dalam jumlah besar. Biaya investasinya bisa dari puluhan hingga ratu­san juta rupiah. Bahkan, Anda pun perlu berbagai macam penunjang seperti kendaraan pengantar makanan, lemari es dan pengawet makanan, piring, gelas, dll., yang investasinya memang tergolong besar.
•     Jika perlu ikuti kursus tata boga atau masuk asosiasi jasa boga sehingga Anda dapat menggali ilmu tentang ini dari rekan sesama anggota.
•    Perhitungkan biaya mendatangkan bahan baku makanan yang cukup besar. Selain itu perhitungkan juga biaya listrik untuk operasionalisasi alat-alat.
•    Siapkan katalog menu berdasar harga dan jenis masakan.
•     Karyawan utama yang perlu Anda pekerjakan di sini adalah koki dan beberapa tenaga cabutan yang bisa bertambah seiring dengan meningkatkan pesanan.
•     Jangan lupakan promosi, apalagi jika mendekati momen seperti banyaknya acara pernikahan atau hajatan.
B.  Persiapan :
Sebagai langkah awal, cobalah tawarkan usaha memasak ini pada lingkungan sekitar Anda dahulu, seperti untuk arisan ibu-ibu, pertemuan RT Dari sana, jika masakan Anda memang biasanya akan mulai ada order.
Langkah berikutnya, tawarkan contoh masakan ke gedung gedung pernikahan, biasanya jika cocok mereka akan jadi semacam agen yang bisa jadi media promosi saat akan ada yang menggunakan gedung mereka untuk pesta.
Cara lainnya cobalah tawarkan masakan Anda kelingkungan perkantoran. Tawarkan menu yang variatif untuk makan siang. Menu yang variatif dan enak biasanya akan membuat mereka mau merekomendasikan ke mana-mana,  Begitu seterusnya, asal telaten usaha ini tanpa Anda sadari akan terus berkembang.
C.  Proyeksi pendapatan:
Pendapatan di katering ini sebenarnya tak terlalu besar jika dihitung satuan. Namun, karena orderan katering biasanya dalam jumlah banyak, keuntungan yang sedikit itu bisa menjadi berlipat. Untuk satu paket makan siang untuk kantor satu kiriman biasanya Rp 5 ribu - Rp 10 ribuan. Sedang untuk menu pesta berkisar Rp 10 ribu - Rp 50 ribuan.
D. Tingkat kesulitan :
Tergolong cukup sulit mengingat harus benar-benat tepat dalam menentukan komposisi dan jumlah masakan.

Bisnis Cafe atau Restoran


A. Modal dasar :
•     Faktor lokasi biasanya perlu diperhitungkan untuk mendatangkan konsumen.
•     Usaha ini biasanya banyak berhubungan dengan unsur kenyamanan dan suasana yang dibangun dalam ruangan, selain tentu tetap harus memerhatikan rasa masakan dan minuman yang disajikan. Untuk itu, perlu: dibangun ruangan yang cukup menarik dan memberi kenyamanan saat dikunjungi. Biaya dekorasi ruangan yang bagus bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun jika dana terbatas, cukup alokasikan untuk yang penting-penting saja.
•     Untuk peralatan dan perkakas pelengkap, biayanya pun variatif, bisa puluhan hingga ratusan juta. Termasuk jika Anda memasukkan unsur hiburan dalam cafe atau: restoran Anda.
•     Berbagai kebutuhan sehari-hari seperti bahan masakan dan minuman juga harus diperhitungkan. Selain itu, jangan lupakan pula biaya listrik, air, dan telepon untuk operasional usaha Anda.
•     Perlu didatangkan koki yang punya keahlian tertentu sehingga  tempat Anda  punya  kekhasan  yang bisa ditawarkan. Selain itu, perlu juga beberapa karyawan yang sebaiknya ditraining sehingga bisa memberikani layanan yang terbaik bagi pengunjung. Mengingat biaya yang tergolong besar, sangat disarankan Anda mencari rekan kerja yang bisa diajak kerjasama dengan sistem bagi hasil. Untuk memulai usaha, Anda juga perlu melakukan sejumlah promosi baik melalui media atau penyebaran brosur dan penempelan poster atau spanduk di lokasi yang strategis. Perlu juga Anda buat event tertentu agar menarik pengunjung.
•     Jangan lupa juga urus ijin usaha ke dinas terkait.
B.  Persiapan :
     Setelah semua lengkap, Anda harus rajin berpromosi untuk mendatangkan pelanggan. Buat paket spesial misalnya paket hiburan akhir minggu dengan mendatangkan grup band atau hiburan lain. Usahakan juga makanan yang jadi ciri khas usaha ini Anda tonjolkan. Ini perlu untuk menjadi pengingat pelanggan tentang brand usaha Anda. Jika perlu, Anda juga bisa mengembangkan usaha layanan antar dalam kota untuk menu-menu tertentu.
Untuk menentukan harga, perhatikan lokasi yang Anda pakai. Kalau banyak mahasiswa, usahakan jangan terlalu mahal. Ingat prinsip untung sedikit per item tak mengapa, tapi pembelinya banyak juga pasti menguntungkan.
C. Proyeksi pendapatan:
    Hitung biaya harga jual berdasar kebutuhan operasional sehari-hari plus perhitungkan dengan perkiraan berapa yang harus terjual agar mencapai nilai break event point (BEP). Biasanya target dalam sehari usaha ini mencapai ratusan rit hingga jutaan per hari agar bisa survive dan cepat BEP.
D. Ide usaha minuman lain:
    Cafe olahraga, kedai kopi dan teh diet, restoran khusus makanan berkuah, restoran khusus makanan organis, dll.
E.   Tingkat kesulitan :
    Tergolong tinggi dengan investasi yang besar.

Search This Blog

Loading...

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...