Bisnis Usaha Warung Internet dan Game Center


A.  Modal dasar :
  Yang diperlukan untuk bisnis usaha warung internet dan game center ini adalah komputer dengan kemampuan memadai plus jaringan internetnya. Biaya satu komputer rata-rata mulai dari Rp 5 jutaan. Sedang biaya untuk jaringan internet rata-rata mencapai Rp 3 juta - Rp 5 jutaan per bulan, tergantung jaringan apa yang Anda pakai. Biaya pemasangan jaringan juga harus Anda hitung benar-benar di awal.
     Perhitungkan biaya listrik dan telepon untuk jaringan jika Anda membuka usaha ini.
    Untuk menambah keuntungan, Anda juga bisa melayani pesanan download file ke CD atau juga membuka kantin kecil.
   Karena biaya investasi usaha ini cukup besar, sangat disarankan untuk bekerjasama dengan rekanan Anda dengan sistem bagi hasil.
B.  Persiapan :
Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, Anda juga bisa membuka usaha ini di sekitar kampus. Anda juga bisa menawarkan jasa sewa ini dengan menyebarkan bro­sur atau dengan menawarkan peminjaman sistem paket.
C.  Proyeksi pendapatan :
Harga sewa internet saat ini berkisar antara Rp 3 ribu -Rp 15 ribuan. Yang mahal ini jika Anda membukanya di lokasi seperti di dalam hotel atau mal. Sedang untuk game center biasanya berkisar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- an. Pendapatan tambahan bisa diperoleh dengan membuka pesanan minuman seperti teh botol atau kopi guna menemani penyewa bermain.
D   Tingkat kesulitan : Relatif sedang.

Bisnis Usaha Kontrakan Rumah atau Kos kosan


A.  Modal dasar :
    Bisnis usaha kontrakan atau kos kosan ini sebenarnya merupakan usaha passive income bagi Anda. Modal yang paling utama adalah bangunan yang Anda sewakan. Jika membangun dari awal biayanya bisa ratusan juta. Namun, Anda pun bisa memberdayakan kamar kosong di rumah Anda untuk usaha ini.
    Bila perlu, beri fasilitas tertentu seperti perkakas rumah dan hiburan seperti televisi. Selain itu adanya telepon juga bisa menambah harga sewa rumah atau kos. Sudah tentu, Anda harus mempertimbangkan biaya listrik, air, telepon. Lakukan pengawasan ketat agar Anda tidak kebobolan dalam urusan tagihan ini.
B.  Persiapan :
Biasanya lokasi yang ramai disewakan adalah lokasi yang dekat perkantoran atau sekolah serta universitas. Sebar brosur atau tempel selebaran bila perlu untuk menarik penyewa.
C. Proyeksi pendapatan :
Biaya sewa ini sangat bergantung pada biaya yang Anda tanggung untuk Anda bayarkan. Misalnya biaya listrik, air, dan telepon serta pengeluaran Anda untuk fasilitas lain. Bila fasilitasnya lengkap, sebuah kamar kos ukuran 3x3 m bisa berharga antara Rp 100 ribu sampai Rp 1 jutaan per bulan jika memakai AC Sedang kalau kontrakan rumah biasanya dihitung tahunan tergantung pada lokasi dan besar kecil rumah.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Usaha Toko Kelontong dan Sembako


A.  Modal dasar :
    Untuk memulai bisnis usaha toko kelontong dan sembako ini Anda bisa membuka toko di samping rumah Anda atau bisa juga mencari lokasi strategis lainnya.
     Untuk mendapatkan harga dasar termurah, datangi produsennya langsung.
     Kalau perlu lakukan layanan antar produk tertentu seperti beras atau kebutuhan lainnya.
B.  Persiapan :
Usaha seperti ini prinsipnya adalah menjual barang sebanyak-banyaknya. Untung per item barang biasanya memang tak terlalu besar, namun dengan penjualan yang cukup banyak keuntungan yang didapat pun bisa berlipat.
C. Proyeksi pendapatan :
Biasanya untuk mendapatkan keuntungan, Anda bisa mengutip margin keuntungan sekitar 5% - 20% dari barang yang Anda perdagangkan. Kalau Anda bisa mendapatkan barang lansung dari sumbernya dengan harga termurah, biasanya keuntungannya pun bisa lebih berlipat.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, tergantung pada bagaimana Anda memasarkannya.

Bisnis Usaha Kreasi Souvenir dan Kerajinan


A.  Modal dasar :
     Untuk memulainya bisnis usaha ini Anda bisa bekerjasama dengan pengrajin yang Anda bina untuk bisa dipasarkan produknya.
    Anda juga perlu bekerjasama dengan penyelenggara pesta, baik pernikahan atau hajatan lain sehingga sou­venir ini bisa Anda pasarkan kepada pasar mereka.
    Anda juga bisa membuka konter di lokasi keramaian atau bisa juga dimulai dari rumah Anda.
B.   Persiapan :
Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, Anda juga bisa membuka layanan pesan antar souvenir dengan mengiklankannya di media atau dengan menyebarkan brosur. Bekerjasama lah dengan penyelenggara pesta untuk memasarkan aneka produk Anda. Sedang untuk barang kerajinan, Anda pun bisa menitipkannya di toko-toko sekitar lokasi wisata dengan sistem retur, barang tak laku bisa ditarik kembali.
C.  Proyeksi pendapatan :
Harga barang kerajinan dan souvenk yang Anda tawarkan sangat bergantung pada tingkat kesulitan pembuatan dan bahan yang digunakan. Makin bagus, sudah tentu makin mahaL Namun, Anda juga bisa memperlakukan harga grosir untuk pesanan untuk souvenir pesta.
D. Tingkat kesulitan :
Relatif sedang, tergantung pada bagaimana Anda memasarkannya.

Bisnis Usaha Pengisian Tinta Isi Ulang


A.  Modal dasar :
     Untuk memulainya bisnis usaha ini Anda bisa mengumpulkan botol bekas tinta untuk Anda isi ulang dahulu.
     Anda bisa buka konter pengisian ulang baik di mal atau di lokasi dekat perkantoran dan perumahan.
    Tinta isi ulang ini bisa Anda dapatkan dengan bekerjasama dengan perusahaan daur ulang tinta yang sudah cukup berpengalaman. Biayanya berkisar puluhan hing­ga seratusan ribu untuk toner printer laser.
B.  Persiapan :
Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, Anda juga bisa membuka layanan pesan antar tinta isi ulang dengan mengiklankannya di media atau dengan menyebarkan brosur. Anda juga bisa membidik usaha rental komputer atau kantor-kantor untuk menarik mereka menjadi pelanggan Anda. Bila perlu, tawarkan juga jasa perawatan printer jika memang Anda menguasainya.
C. Proyeksi pendapatan :
Tinta isi ulang ini biasanya berkisar antara Rp 12.500,-sampai Rp 200.000,- an untuk printer laser. Dari sana biasanya Anda bisa mendapatkan margin keuntungan sekitar 10% -20% dari harga yang Anda tawarkan.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Usaha Parfum Isi Ulang


A.  Modal dasar :
     Untuk memulai bisnis usaha ini Anda bisa mengumpulkan botol parfum bekas untuk Anda isi sesuai dengan wangi aslinya. Untuk mendapatkan wangi ini Anda bisa membeli bahan dasar bibitnya di beberapa toko pewangi yang bisa Anda cari di kota Anda. Selain itu, Anda bisa juga memesan botol kecil di beberapa tukang gelas atau kaca dengan isi 5 ml - 20 ml untuk menjual parfum bijian.
     Anda bisa buka konter di lokasi keramaian atau di dalam mal. Sudah tentu sewanya makin mahal jika di dalam mal.
B.   Persiapan :
Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, Anda juga bisa membuka layanan pesan antar dengan mengiklankannya di media atau dengan menyebarkan brosur. Anda juga bisa membuka konter kecil di sekitar daerah yang banyak dihuni kaum muda karena biasanya merekalah yang paling getol memakai pewangi.
C.  Proyeksi pendapatan :
Parfum isi ulang ini biayanya berkisar Rp 5.000,- an untuk isi 10 ml hingga Rp 20 ribuan untuk yang kapasitas besar de­ngan aroma parfum berkelas.
D. Tingkat kesulitan : Relatif mudah.

Bisnis Usaha Pendidikan Taman Bermain


A.   Modal dasar :
    Pengetahuan dasar tentang mendidik anak.
    Alat bermain anak yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Untuk mendatangkan berbagai peralatan ini dibutuhkan biaya yang sangat relatif, bisa kecil atau besar tergantung jenis permainan yang disediakan. Untuk awal, kira-kira peralatan itu bisa didatangkan dengan biaya sekitar Rp 3 jutaan.
     Karyawan yang diperlukan di sini adalah guru anak-anak yang sudah cukup terlatih. Jika perlu, datangkan psikolog anak-anak. Untuk keperluan ini, memang membutuhkan biaya ekstra tinggi. Sangat disarankan, untuk meminimalisir biaya, Anda bekerjasama saja de­ngan salah satu ahli anak dengan sistem bagi hasil.
     Biaya mengubah rumah menjadi lokasi taman bermain pendidikan anak bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada fasilitas apa saja yang ada di lokasi.
B.  Persiapan :
Untuk membuka bisnis usaha tempat pendidikan seperti ini, Anda dapat mulai memasarkannya dengan membagi brosur atau pamflet ke lingkungan perumahan. Anda bisa juga memasang iklan di media keluarga bila dirasa perlu.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha pendidikan ini Anda bisa mengutip biaya bulanan Rp 50 ribu - Rp 100 ribuan. Uang masuknya bisa berkisar antara Rp 1 juta - Rp 3 jutaan. Batasi jumlah murid, misal 10-15 anak per kelas sehingga anak yang tinggal di situ juga merasa nyaman. Makin baik hasil didikan Anda, makin dipercaya Anda untuk pendidikan pra sekolah ini oleh para orang tua.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sulit.

Informasi gratis tentang bisnis dan usaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...